Blog

Seringkali Dianggap Rumput Liar, Ternyata Daun Sintrong Memiliki Banyak Khasiat

Bagi yang tinggal dipedesaan pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman sintrong, bukan ? tanaman yang seringkali dianggap rumput liar atau gulma ini tumbuh subur di daerah pedesaan, namun di sejumlah warung makan tradisional sunda,daun ini justru dijadikan lalapan santapan lezat.

Daun Sintrong

Sintrong termasuk dalam klasifikasi Erechtites hieracifolia yaitu semacam herba berbatang tinggi mencapai 30 -150 cm, berdaging tebal serta rusuknya kuat. Tanaman ini memiliki tepian daun bergerigi. Sintrong juga memiliki bunga yang terlihat  menarik berbentuk corong. Warna mahkota bunga sintrongtersebut ialah paduan antara kuning bersemu violet dengan serabut pink kemerahan pada ujungnya.

Banyak penelitian membuktikan manfaat daun sintrong yang dapat menyembuhkan penyakit tanpa efek samping. Antioksidan merupakan senyawa yang ampuh melawan radikal berbahaya pemicu kerusakan sel tubuh. Khasiat antioksidan dan antibakteri-nya terbilang luar biasa untuk pengobatan kanker, malaria, dan prostat. Daun sintrong obat kanker tak lepas dari kandungan minyak atsiri, saponin, flavanoid, dan polifenol.

Berikut manfaat ajaib dari daun sintrong apabila kamu mengkonsumsinya :

  1. Mencegah kanker.  Daun sintrong dapat mengurangi resiko kanker payudara, kanker hati dan kanker lambung yang mungkin bertambah parah
  2. Memperbaiki Fungsi Lambung.Daun sintrong juga bermanfaat untuk menetralkan asam lambung serta memperkuat otot-otot di sekitar lambung.
  3. Menguatkan Tulang. Kandungan mineral dan magnesium daun sintrong dikenal sangat tinggi sehingga mampu memperkuat tulang dan persendian.
  4. Menghilangkan nyeri. Khasiat sintrong juga bisa menghilangkan nyeri. Bisa menjadi analgesik dan antipiretik yang secara perlahan akan menurunkan derajat kesakitan anda. Baik nyeri kepala maupun nyeri lainnya.
  1. Melancarkan sistem pencernaan. Sama seperti sayuran pada umumnya, daun sintrong juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan karena kandungan daun sintrong yang kaya akan serat.
  1. Menstabilkan tekanan darah. Daun sintrong sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang mengidap hipertensi maupun hipotensi. Sayuran ini bisa membuat tekanan dargah berada pada batas normal selamanya. Selain itu, sayur ini juga akan mengontrol denyut jantung anda. Yang makin membuat aliran darah lancar.
  1. Mencegah penyakit kulit atau eksim
  2. Membunuh Kuman dan Bakteri yang sebabkan radang terutama pada terluka. Ini karena khasiat sintrong yakni zat anti-inflamasi.
  3. Memperbaiki Sirkulasi Darah. Khasiat daun sintrong dikenal ampuh mencegah gangguan pembuluh darah arteri yang kerap memicu gangguan jantung.

Khasiat daun sintrong memang tak perlu diragukan lagi. Selain sayuran ini enak untuk dikinsumsi manfaatnya juga sangat baik untuk obat herbal tradisional. Dengan sayuran ini tubuh memiliki imun yang baik oleh karena vitamin B kompleks di dalamnya cukup banyak. Jika antibodi bekerja dengan baik, dibantu oleh antioksidan alami, maka tentunya pertumbuhan sel-sel kanker dapat dicegah.

Bagaimana cara menggunakan daun sintrong untuk pengobatan? Caranya mudah sekali, kita hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun sintrong. Cuci bersih dan remas-remas daun sintrong kemudian rebus dengan air secukupnya. Minum selagi hangat dengan tambahan madu agar lebih manis.

Namun ingat jangan berlebihan mengkonsumsi obat herbal dari tanaman ini untuk mencegah efek samping, sebab kondisi tubuh orang dapat berbeda. Selain itu bagi sebagian orang konsumsi daun sintrong baik adanya namun harus dibatasi.

Itulah berbagai manfaat dan khasiat daun sintrong hingga pemanfaatannya. kita patut bersyukur karena Indonesia ini kaya akan tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat, baik yang sengaja ditanam, maupun yang hidup secara liar di alam terbuka.

Desi Rahmawati

desir4154@gmail.com

Related Posts